HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO PERIKANAN
Budidaya ikan, hama dan penyakit pada ikan, perlengkapan & peralatan dalam budidaya ikan, berita perikanan, dll.

Toko Plastik Pertanian & Perikanan
Waring Ikan, Waring Keramba, Jaring Keramba, Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal

Ikan gurame ini memiliki tambahan alat pernafasan seperti labirinthyci, jadi bisa untuk bertahan hidup walaupun di air yang kadar oksigennya cukup rendah, alat pernapasan tambahan tersebut akan memudahkan Anda ketika membudidayakan ikan gurame walau pada kolam yang tak memperoleh aliran air yang lancar terus-menerus. Nanum, hal tersebut dengan catatan jika air kolam perlu harus dijaga serta diperhatikan tingkat kebersihannya.

Memelihara atau budidaya gurame ataupun juga ternak ikan gurame termasuk salah satu usaha yang amat menjanjikan dan menguntungkan, pasaran ataupun harga cukup stabil dan juga berangsur sedikit meningkat. Namun, pada pasokan gurame yang ada saat kini amat belum dapat terpenuhi atau tercukupi. Karena sampai kini para pembudidaya ikan gurame ataupun petani ikan gurame masihlah amat minim. Tetapi, disisi yang lain, tingkat keperluan ikan gurame memang terus meningkat dan juga harga yang terus menaik.

Tapi, apabila Anda ialah seorang yang mau mengerjakan budidaya ikan gurame tetapi terbatas akan area lahan, Anda bisa membudidayakan gurame tersebut dengan memakai kolam terpal. Cara budidaya gurame dengan menerapkan pemakaian kolam terpal, Anda bisa membuat kolam ikan gurame dimana dan kapan saja serta secara fleksibel tentunya pada area lahan yang Anda punyai. Contoh, di halaman rumah, area lahan persawahan serta lain sebagainya.

Dalam cara pembuatan kolam terpal tersebut, Anda lebih baik pula memperhitungkan pada jumlah angka gurame yang bakal dibudidayakan, janganlah hingga jumlah ikan tak sesuai dengan ukuran kapasitas kolam sebab bisa membuat gurame berubah jadi stress. Guna ukuran kolam sekitar 1 x 1 meter dengan tingkat kedalaman sekitar 90 cm kurang lebih bisa berisi kira-kira 10 ekor ikan dengan bobot sekitar 2.5 ons.

Jika, ketika ikan gurame sudah makin besar jadi jumlahnya harus sedikit di kurangi. Kalau tidak jadi diperlukan penambahan filter air yang harus ideal, caranya yakni dengan memberikan aliran air ke kolam terpal dengan menggunakan pompa ke 1 sistem penyaringan, setelah melalui penyaringan air lalu masuk lagi ke dalam kolam.

Nah, bagi Anda yang ingin membudidayakan ikan gurame di dalam kolam terpal, Anda bisa menyimak penjelasan berikut dengan seksama, tahapan-tahapannya sebagai berikut :

1. Pembuatan Kolam Terpal

Langkah pembuatan kolam terpal guna ikan gurame tersebut, dapat Anda buat dengan 2 jenis tipe yakni :

- Anda bisa menggali tanah dengan tingkat kedalaman spesifik yang biasanya sekitar 90 cm, kemudian terpal plastik dipasangkan pada tanah bekas galian tersebut.
- Anda dapat menempatkan plastik terpal di bagian permukaan tanah namun tidak menggali tanah, yang dibarengi dengan pertolongan rangka dari si besi ataupun juga mungkin kayu, terpal bisa dirangkai seperti bak.

Tipe yang pertama yakni beban plastik terpal tak terlampau bobotnya pada ketika di berikan air, sedang pada tipe kedua mempermudah Anda mengerjakan pergantian dan juga pembersihan pada kolam. Dengan memakai selang, Anda bisa menyedot beberapa kotoran-kotoran yang ada di kolam terpal secara gampang. Pada cara ternak ikan gurame tersebut, lebih baik kolam terpal yang telah menumpuk banyak kotoran, guramenya segera dikerjakan pembersihan ataupun dikeluarkan, agar tingkat kesehatan dan juga kebersihan air teruslah bisa terbangun.

Setelah kolam terpal rampung dibuat, langkah berikutnya yakni isilah kolam tersebut dengan ikan gurame, meski demikian sebelum gurame akan dimasukkan perlu dipastikan lebih dulu kolam terpal dalam kondisi bersih serta bebas dari penyakit dan juga beberapa zat yang berbahaya. Terpal mempunyai unsur kimia yang terkandung dalam pewarnaannya, jadi sebelum ketika dipasang perlu dicuci dan juga dibuat bersih.

Guna membasmi patogen yang ada pada kolam yang telah terisi air bisa Anda beri taburan garam sekitar 2 ons/m3. Anda harus yakin, jika ikan gurame yang akan diternakkan tidak mempunyai kandungan bibit-bibit penyakit. Jika ada ikan yang terkena serangan penyakit perlu untuk dikarantina lebih dulu sebelum akan dimasukkan ke dalam kolam.

2. Pemeliharaan dan Perawatan Ikan

Gurame harus diberikan makan sebanyak 2x dalam 1 hari, disarankan pada saat pagi ataupun sore hari dengan jumlah pellet yang mempunyai protein terkandung sekitar 25-30 persen. Lebih baik dalam rangka memberikan pellet pada ikan gurame dikerjakan supaya sering tetapi dengan jumlah beberapa pellet yang sedikit demi sedikit, ketimbang diberikan pakan 1-2 kali, tetapi jumlah pelletnya cukup besar.

Anda pula bisa menambahkan beberapa dedaunan ataupun beberapa sayuran untuk dijadikan makanan sampingan ikan gurame tersebut. Dedaunan dan juga sayuran tentu sangatlah penting dan bermanfaat guna kesehatan dan juga pertumbuhan dan perkembangan ikan gurame. Pada langkah budidaya gurame menggunakan terpal ini, Anda perlu mengusahakan guna menjauhi pemberian pakan yang begitu berlebihan, jika terdapat pakan yang tersisa maka bisa segera Anda buang saja.

Namun ada hal yang perlu dicatat, pakan yang tersisa dan juga kotoran gurame yang terdapat di dalam kolam mempunyai zat amoniak yang terkandung dan membayahakan untuk pertumbuhan serta perkembangan gurame sebab mempunyai sifat toksin ataupun racun. Oleh sebab itu Anda perlu menjaga mutu dan kualitas air di dalam kolam, sebab bakal mempengaruhi pertumbuhan ikan gurame. Beri makanan gurame dengan rutin dan teratur serta yang penting tak berlebihan.

Sebetulnya ikan gurame tersebut mempunyai tingkat ketahanan yang lumayan terhadap keadaan air yang kurang begitu baik, tapi Anda harus mengatur tingkat kebersihan air kolam dengan mengerjakan penyaringan dengan berkala. Disarankan guna menyedot air kolam dengan menggunakan selang ataupun pompa, lalu diganti dengan air baru. Makin bagus lagi jika kolam diberikan aerator maupun mungkin diberi filter guna menaikkan tingkat kandungan oksigen dan juga jangan lupa bersihkan kotoran dengan menggunakan cara automatis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal"

Posting Komentar